Contoh Explanation Text: How Earthquake Happens

Contoh Explanation Text: How Earthquake Happens

English Admin – belajar jenis teks bahasa Inggris Online. Sekarang kita berikan 1 lagi contoh explanation text tentang bagaimana gempa bumi itu terjadi. Teks explanation adalah sebuah wacan yang cukup ilmiah, bersifat sangat obyektif dan bertujuan untuk menjelaskan bagimana suatu hal itu terjadi atau kenapa hal tersebut terjadi.

Pengertian teks explanation bahasa Inggris sudah kita bahasa pada artikel sebelumnya. Kali ini kita tinggal menambah beberapa contoh lagi tentang explanation text ini aga pemahaman kita lebih bagus sehingga proses reading comprehension itu akan makin mudah. Langsung aja amati contoh pendek dibawah!

How Earthquakes Happen

contoh teks explanation tentang gempa bumi

ulasan penjelasan bagiman proses terjadinya gampa bumi (earthquake) menjadi contoh explanation text bahasa Inggris

Earthquake is one of the most destroying natural disasters. Unluckily it often happens in several regions. Recently a horrible earthquake has shaken West Sumatra. It has brought great damages. Why did it occur? Do you know how an earthquake happens?

Earthquakes are usually caused when rock underground suddenly breaks along a fault. This sudden release of energy causes the seismic waves. It make the ground shake. When two blocks of rock or two plates are rubbing against each other, they stick a little. They don’t just slide smoothly. The rocks are still pushing against each other, but not moving. After a while, the rocks break because of all the pressure that’s built up. When the rocks break, the earthquake occurs.

During the earthquake and afterward, the plates or blocks of rock start moving, and they continue to move until they get stuck again. The spot underground where the rock breaks is called the focus of the earthquake. The place right above the focus is called the epicenter of the earthquake.

The  text about how earthquake happens is mainly taken from: www.geo.mtu.edu/UPSeis/why.html

Catatan Unsur Generic Structure pada Contoh Teks Explanation Text tentang Gempa Bumi

Karena brusaha menjawab dan mejelasakan proses dan penyebab terjadinya suatu hal, maka jenis teks ini bersifat umum tidak dibati oleh pembagian waktu dan geografis yang sempit. Unsur generic structurenya adalah
1. General Statement: Dimana berisi informasi awal tentang pa teks dan bacaaan itu
Why did it occur? Do you know how an earthquake happens?
2. Sequenced Explanation: Yaitu ulasan dan penjelasan yang detail fase, proses, dan penyebab yang berhubungan dengan hal yang sedang dibicarakan
Earthquakes are usually caused when rock underground suddenly breaks along a fault.
During the earthquake and afterward, the plates or blocks of rock start moving, and they continue to move until they get stuck again.

Mau lihat contoh semuanya? Bisa coba baca artikel dibawah ini. Ada banyak topik dan contoh tulisan yang termasuk dalam kelompok teks penjelasan. Sebagian besar dilengkapi analisa struktur dan ciri kebahasaanya.

Untuk bisa memahami jenis teks explanation ini, kita perlu punya modal yang bagus akan pengetahuan simple present tense dan juga pengetahuan cukup memadahi akan model kalimat pasif (passive voice). Kedua alat kebahasaaan itu harus dimiliki sebelum membaca apalagi menulis contoh explanation bahasa Inggris. Sekia semoga menambah wawasan tentang cara belajar bahasa Inggris.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Explanation Text: How Earthquake Happens"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel