Echo Questions : Definisi dan Contoh

Setelah sebelumnya telah kita bahas mengenai declarative questions dan rhetorical questions, kini saatnya kita mempelajari echo questions.

Michael Swan (2005: 467) dalam bukunya yang populer Practical English Usage: 3rd Edition menjelaskan "To question what has been said, a speaker may simply repeat ("echo") what he/she has heard. A rising intonation is common." Dari pernyataan Swan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa definisi echo questions adalah pertanyaan secara langsung yang dengan mengulang beberapa bagian kata, frasa atau klausa dari perkataan orang lain yang didengar orang yang bertanya.

Jadi, jika kita sedang berbincang dengan teman kita, tapi ada kata, frasa atau klausa yang tidak kita pahami, lalu kita bertanya dengan mengulang kata, frasa atau klausa yang diucapkan teman berbincang kita itu, itulah yang dinamakan eco questions.

Misalnya :

Ada teman kita bicara I am getting married. Lalu kita kaget dengan perkataan teman bicara kita dengan bertanya, you are getting married? 

Dari contoh di atas, kita tahu bahwa kalimat I am married itu adalah kalimat declarative sentence (baca: jenis-jenis kalimat "declarative sentence"), sedang you are getting married? disebut "echo questions" karena mengulang pernyataan teman kita.
Meski kalimat pertanyaan bahasa Inggris You are getting married? lebih umum masuk kategori declarative questions, namun pengulangan dependent clause ke dalam declarative questions ini menjadi condong dengan kategori echo questions.

Model Lain Echo Questions

Ada beberapa model echo questions, model paling populer yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris adalah dengan mengulang bagian "kata tanya" di akhir kalimat.

Contoh (dalam Bahasa Indonesia)

Andi : Lihat saja rumah itu.
Rina : Lihat apa?

Contoh (dalam Bahasa Inggris)

Andi : Take a look at that house.
Rina : Take a look at what?

Contoh Echo Questions lainnya :

Andi : She's invited thirteen people to dinner.
Rina : She's invited how many?

Andi : I am going to Bali on holiday.
Rina : You are going to Where?

Andi : I like playing football
Rina : You like what?

Kalimat di atas menanyakan object of verb. Sedang untuk menanyakan verb, atau aktifitas yang dilakukan maka echo questions nya harus memakai Do What seperti contoh di bawah ini :

Andi : Yeni sold his car yesterday.
Rina : Yeni did what?

Echo Questions "Menjawab Pertanyaan dengan Pertanyaan"

Terkadang dalam percakapan sehari-hari, khususnya percakapan bahasa Inggris, kita sering menjawab pertanyaan dengan mengulang pertanyaan terlebih dahulu.

Contoh :

Andi : Kamu mau pergi kemana?
Rina : Saya mau pergi kemana? Pasar.

Nah, dalam echo question model ini, si Rina seperti menanyakan dirinya sendiri lalu menjawabnya.

Contoh lain :

Andi : What does he want?
Rina : What does he want? Money, as usual.

Andi : Are you tired?
Rina : Am I tired? of course not.

Andi : Do you love me?
Rina : Do I love you? I should think of it before I answer it.

Nah, itu dia beberapa model echo questions, atau kalimat pertanyaan pengulangan dalam bahasa Inggris, semoga bermanfaat. 




Swan, Michael. 2005. Practical English Usage. 3rd edition. Oxford University Press

 


Belum ada Komentar untuk "Echo Questions : Definisi dan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel