17 Jenis SHORT FUNCTIONAL TEXT Bahasa Inggris dan Contoh

17 Jenis SHORT FUNCTIONAL TEXT Bahasa Inggris dan Contoh

English Admin – Inilah review lengkap 17 short functional text beserta contoh dalam bahasa Inggris. Memahami pengertian dan contoh short functional text. Belajar bahasa Inggris di sekolah menengah (high schools) meliputi genres atau 13 jenis teks dan teks fungsional. Inilah ringkasan 17 macam functional text beserta contoh nya dalam berbagai topik dan bidang penggunaan.

Diantara jenis teks bahasa Inggris, biographical textsaat menjadi menjadi prioritas tema teks recount yang harus dipelajari para siswa ketika duduk dibangku sekolah. Ada banyak jenis teks tentunya dan masing-masing memiliki perbedaan yang cukup menocolok. Diantaranya adalah contoh greeting card pasti akan sangat berbeda dengan contoh short message.

Ada banyak siswa yang membutuhkan  materi short functional text pdf selain bentuk presentasi karena dianggap lebih memudahkan dalam belajar jenis teks fungsioanl bahasa Inggris ini. Ada banyak jenis teks funsional itu. Jadwal adalah salah satunya. Bebbagai contoh short functional text schedule bisa kita dapatkkan dengan sederhana dengan melihat jadwal pelajaran, jadwal penerbangan, jadwal keberangkatan kereta yang umum kita temui ditempat-tempat umum.

Bagi para ibu dan gadis atau siapa pun yang suka belanja tentu tidak asing dengan satu jenis teks short functional text shopping list ini. Teks ini adalah semaca pengingat akan daftar belanjaat yang ditulis sebelum pergi ke tempat belanja.

teks lisan fungsional adalah adalah jenis teks yang biasa disampaikan dalam bentuk pembicaraan yang besifat aplikatis seperti announcementa atau pengumuman. Banyak yang mencari materi struktur label dalam bahasa inggris dimana perlu diketahui bahawa label sering ditemui pada barang- barang olahan yang sudah jadi dan didistribusikan untuk khalayak ramai.

Sebagai media pembelajaran literary text, bahasa Inggris memberikan pola pengajaran berbasis teks. Kalau ada yang belum tahu literary text definition, maka secara singkat adalah potongan tulisan atau wacana yang mempunyai tujuan tertentu seperti bercerita, menhibur, sekaligus menyampaikan pesan penulis.

Istilah short functional text bisa secara mudah dihadapakan dengan long functional dimana mempunyai jumlah kata yang lebih banyak. Pada tingkatasn sekolah menegah, teks yang diberikan biasanya cukup pendek. Diantara sekian teks funsional ada yang kita kenal sebagai NOTICE. Kalau adala yang masih belum mengetahui, notice adalah perhatian, peringatan akan adanya sesuatu atu situasi tertentu. Secara gampang notice is a notification or warning of something, especially to allow preparations to be made.

Jenis teks functional bebeda dengan recount text yang masuk kategory text types. Ada sekitar 13 jenis teks bahasa Inggris yang biasanya dipelajari di tingkat sekolah menengah. Kalau ada yang sedang membutuhkan contoh short functional text brochure bisa dilihat dalam pencarian short functional text pdf atau short functional text schedule, juga short message text dan meskipun cukup berbda dengan transactional text tetap masih ada kemiripannya.

Sedikit bebeda dengan dengan text genre, functional text bersifat lebih aplikatif, ditulis dan digunakan dalam komunikasi sehari hari.  Sebenarnya jenis teks functional bahasa Inggris ini banyak sekali macamnya dan cenderung berkembang  karena sifatnya yang memang funsional.

Mekipun jumlahnya banyak sekali, dalam kaitanya belajar bahasa Inggris, para siswa dan guru mulai SMP dan SMA biasanya hanya mempelajari sekitar 17 macam seperti dibawah ini. Sebelum kita melihat pengetia dan contohnya masing-masing, alangkah lebih baik kalau kita memahami apa functional text. Pengertian functional text menurut banyak ahli adalah:
Short functional text is a text that has social function to inform something. It’s called short functional text because the text is short and has a specific information.
Jadi teks functional adalah sebuah teks tuisan yang berfungsi untuk menginformasikan pembaca tentang sesuatu. Disebut sebagi Short functional text karean memang rata-rata sangat pendek dan mempunyai tujuan khusus. Biar tidak bingung inilah 17 macam short functioan text untuk belajar bahasa Inggris di SMP (junior high school dan SMA (senior high schools).

1. Notice, Warning dan Caution
Notice adalah petunjuk atau pernytaan tertulis yang memberikan informasi tertentu atau memberikan peringatanis a sign or printed statement that gives information or a warning to people. Caution adalah bentuk peringatan tertulis agar para pembaca bersikap hati hati. Lihat contoh notice, warning dan caution berbahasa Inggris berikut ini.functional noticeContoh notice ” Do not throw trash in toilet” yang artinya “Jangan buang sampah di toilet”

functional caution

Caontoh caution ” Avoid direct contact” yang artinya ” Hidari bersentuhan langsung”

functional warning

Sebuah warning yang berbunyi “Do not enter, authorized personnel only” yang bermaksud  tidak boleh masuk, hanya  oerang-orang tertentu saja yang boleh masuk.

2. Greeting Cards
Greeting card adalah bentuk kartu biasanya disertai gambar yang dikirimkan kepada seseorang karena pada kesempatan tertentu, misalnya kartu ucapan selamat ulang tahun, selamat dan sukse, dll

functional greeting card new yearContoh greeting card  yang dikirimkan untuk ucapan selamat tahun baru, hapy new year

3. Letters
Letter atau surat ada dua macam yaitu surat pribadi da surat resmi
Personal letter adalah sebuah surat yang ditulis untuk urusan pribadi, keluarga, atau pertemanan. Ciri personal letter, surat tidak resmi adalah tidak memakai kop surat, menggunakan bahasa yang lebih longgar, lebih pada unkapan harapan.
Semantara offical letter adalah bentuk surat resmi yang biasanya ditulis berfungsi untuk hubungan yang lebih formal seperti bisnis, pekerjaan, dan pemerintahan Ciri-ciri officila / formal letter adalah:
Using the letterhead
Using the number of letter
Using the opening greeting & closing
Using formal language

functional letter businessSebuah contoh surat resmi bahasa Inggris. Pelajaran lebih lanjut tentang pengertian generic structure dan contoh jenis surat bisa baca artikel berikut:

4. Food Label
Food label  adalh tulisan yang biasanya ditemui dibungkus, kaleng, kertas berbagai macam makanan. Food label berfungsi memberitahukan kepada pemakai tentang hal ikhwal makanan yang telah dibeli.

functional labelFood label bisanya berisi informasi kandungan zat yang digunakan dalam makanan tersebut. Ini penting diketahu dalam rangkah membudayakan hidup sehat.

5. Short Message / Memo
Short message is a written piece of information that you send to another person.

functional memoMemo atau pesan singkat biasanya ditulis pada sepotong kertas dan berisi informasi ringkas. Lebih jauh tentang pengertian, generic dan contoh memo dalam bahasa Inggris, baca artikel berikut

6. Advertisements
Advertisement adalah penytaan atau tulisanyang bersifat umum mengenai sebuah produk. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pembaca dan pendengar supaya terpengaruh untuk menggunakannya.

functional advertisement zooContoh iklan klsik sebuah kebun binatang. Materi lebih lanjut tentang pengertian dan generic structure advertisement bisa baca dibawah ini

7. Annoucement
Announcement adalah suatu pernyataan terbuka untuk diketahui khalayak ramai. Tjuannya adalah menyampaik suatu hal kepada para pendengan dan pembaca.  Isi pengumuman biasanya meliputi event, Date & time, Place, Contact person.

functional announcement footballContoh pengumuman bahasa Inggris tentang lomba sepak bolah. Bacaa lebih lanjut tentang annoucement, lihat:

8. Invitations
Invitation adalah  penytaan tertulis atau terbacakan agar orang yang ditunjuk tersebut  mau datang dan berpartisipasi. Kehadiran dari pendengan dan pembaca adalah tujuan utama invitation.

functional invitation marriageContoh undangan bahasa inggris sanat resmi dari keluarga keraan Inggris di Buckingham Palace pada tahun 2011 yang lalu. Bentuk undangan orang Inggris ternyata seperti itu ya heheh. Untuk pembahasan undangan, baca selanjutnya di artikel berikut

9. Manual Guide
Manual adalah suatu petujuk penggunaan yangmelengkapi suatu produk yang baru di beli. Biasanya tentang cara intalasi, penggunaan, dan perawatan.

functional manual guide Nokia cContoh manual guide produk handphone tentang cara membuakan dan cover belakang dan menganti baterei

10. Banner
Banner adalah selembara media biasanya kain memanjang yang berisi symbol, logo, slogan, atau pesan-pesan tertentu.

functional banner drive safelyContoh banner bahasa Inggris agar berkendara di jalan raya lebih hati-hati dan memperhatikan pengendara yang lain.

11. Poster
Poster adalah suatu desain tulisan dan gambar pada suatu kertas supaya bisa ditempelkan pada bidang datar sepeti tembok papan pengumuman. Umunya poster memasukkan unsur tulisan dan gambar, atau salah satuh saja.

functional poster no smoking dayContoh poster bahasa Inggris ” No smoking” pada tahun 1985, diambil dari www.mirror.co.uk

12. Pamphlet
pamphlet adalah booklet yang tidak dibendel biasanya tanpa hard cover. Biasanya berupa satu lembar kertas yang bisa dilipat dan bersi tulisan dan gambar pada kedua sisinya.

functional pamphlet fiml duck and cover 1952Contoh pamphlet jaman dahulu tentang publikasi film duck and cover. Kelihatan jadul memang tapi sangat komunikatif.

13 Brochure
Brochures adalah  bentuk sosialisai produk periklanan untuk mengenalkan perusahaan baru, oraganisasi baru, jasa baru, dan lainnya.  Brochure biasanya berupa lembaran kertas yang bisa dlipat.

functional brochure 2Contoh brosur sekolah taman kana-kanak di Zeeland. Desainnya sangat bagus, ceria dan tetap komunikatif.

14. Shopping List
Shopping list  adalah daftar belajaan yang perlu untuk dibeli. Bnetuk dari shopping list biasanya sederhana, akurat, dan bisa dicentang

functional shopping listAyo pergi ke pasar tapi jangan lupa daftar belanjaannya. Itulah contoh shopping list yang sangat sedarhana tapi penting sekali.

15. Booklet
Booklet itu sebenaranya sebuah buku kecil anata 4 sampai 48 halaman lengkap denganh cover dan penjilidan yang kuat.

functional booklet university

Contoh booklet publikasi suatu univesitas di lauar negeri. Ayo kuliah ke luar negeri. Ada gak yang mau memberi beasiswa? hehe

16. Leaflet
Leaflet adalah kertas perikanan yang disebara ditempat-tempat umum mengenahi suatu event atau prduct. Ukuran standar leaflet adalah A6 sheet.

functional leaflet eat healthyContoh leaflet sebagai functional text untuk belajar bahasa Inggris

17. Flyer
Flyer biasanya juga disebut sebai handbill. Umumnya mempunyai ukuran kertas A4 yang digunakan untuk dunia marketaing pada sekali daerah yang tidak begitu luas. Sampai sekarang flyer masih diangap sebagai alat marketing yang paling efektif dengan biaya lebih murah

functional flyer

Dengan desain yang bagus, flayer menjadi alat publikasi yang cukup handal khususnya untuk sekala kecil.

Itulah 17 jenis short functional text bahasa Inggris yang biasanya dipelajari di sekolah-sekolah menengah di Indonesia. Kemampuan memahami jenis teks fungsioanal ini sangat bermanfaat langsung  pada interaksi sosial sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "17 Jenis SHORT FUNCTIONAL TEXT Bahasa Inggris dan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel