Contoh Explanation Text about Social Phenomena Beserta Artinya

Contoh Explanation Text about Social Phenomena Beserta Artinya

Kita sudah belajar contoh explanation text yang kebanyakan tentang gejala alam. Kali ini adalah contoh explanation text about social phenomena. Teks explanation mamang bisa bertema alam dan juga sosial. Sebagaimana disebutkan dalam pengertian teks explanation, jenis teks ini berfungsi untuk mejelaskan bagaimana dan kenapa suatu gejala alam dan sosial itu terjadi.

Untuk melengkapi pemahaman kita apa pengertian explanation text itu, kali ini kita berikan berbagai topik pembahasan gejala sosial atau dalam bahasa Inggrisnya adalah social phenomena dan bisa dikelompokkan menjadi teks explanation. Banyak sudah contoh contoh explanation text bahasa Inggris yang diberikan di blog ini atau tempat lain tetapi hampir semuanya bertema natural phenomena. Kebanyakan contoh teks expalanation singkat atau panjang itu berkaitan dengan gejala alam seperti teks expalantion tentang banjir, gunung meletus, gempa bumi, tsunami dan topik bencana alam lainnya.

Supaya lebih mewarnai pemahaman kita bagiaman struktur dan language feature teks expalanation itu maka kali ini kita berikan 5 contoh explanation text about social phenomena dengan tema tema sebagi berikut
1. Contoh Explanation Text about Social Phenomena: How Teens Addicted to Smoking
2. Contoh Explanation Text about Social Phenomena: How Corruption Occur
3. Contoh Explanation Text about Social Phenomena: How Juvenile Delinquency Happens
4. Contoh Explanation Text about Social Phenomena: How Self Confidence Formed
5. Contoh Explanation Text about Social Phenomena : How Discipline is Achieved

Dengan semakin banyaknya contoh explanation text ini, akan semakin baik pengetahuan kita tentang bahasa Inggris pada umumnya dan lebih khusus apa dan baiaman teks explanation itu. Untuk lebih meyakinkan seberapa jauh kita memahami jenis teks penjelasan ini, akan lebih bagus kalau dilenkapi juga dengan belajar contoh soal explanation text. Dengan belajar teori pengertian, contoh dan soal dari jenis teks explanation ini, maka sudah cukup lengkap materi tentang jenis teks penjelasan ini.

Contoh Explanation Text about Social Phenomena 1: How Teens Addicted to Smoking
Smoking is known to be damaging to one’s health and can cause various cancers in the body. Smoking at any age has negative effects, including for teenagers and young adults.
Teens are often exposed to images of celebrities smoking, which can make it seem cool, even though there are many serious downsides to smoking. In some instances, the media tries to make smoking look acceptable, which helps tobacco companies make sales.
Teens may be faced with peers who smoke or family members who smoke in their home. Being bullied to start smoking is very possible, especially for those who are over 18, since it is then legal to smoke cigarettes in many regions. If teens live with smokers, they are likely exposed to second-hand smoke and all the health repercussions that come with it. These teens are also more likely to have access to packs of cigarettes that older siblings, parents or other family members have in the household.

social phenomena explanation text

Arti
Merokok diketahui merusak kesehatan seseorang dan dapat menyebabkan berbagai kanker dalam tubuh. Merokok pada usia berapa pun memiliki efek negatif, termasuk untuk remaja dan dewasa muda.
Remaja sering terpapar dengan gambar selebritas yang merokok, yang bisa membuatnya tampak keren, walaupun ada banyak kerugian serius akibat merokok. Dalam beberapa contoh, media berusaha membuat merokok terlihat dapat diterima, yang membantu perusahaan tembakau melakukan penjualan.
Remaja mungkin dihadapkan dengan teman sebaya yang merokok atau anggota keluarga yang merokok di rumah mereka. Diintimidasi untuk mulai merokok sangat mungkin, terutama bagi mereka yang berusia di atas 18 tahun, karena itu sah untuk merokok di banyak daerah. Jika remaja hidup dengan perokok, mereka cenderung terpapar asap rokok pasif dan semua dampak kesehatan yang menyertainya. Remaja ini juga lebih mungkin memiliki akses ke bungkus rokok yang dimiliki oleh saudara kandung, orang tua, atau anggota keluarga lainnya dalam rumah tangga.

Contoh Explanation Text about Social Phenomena 2: How Corruption Occur
Corruption usually occurs because some individuals are willing to use illicit means to maximize personal or corporate profit. How does corruption happen? Does corruption happen slowly, or all at once?
When we hear the word corruption, we immediately think about political issues. But have you ever thought that actually people have often practiced culture of corruption from an early age. For example, we know the term “rubber clock” which is always not on time to make an appointment. This is an example of small corruption that we are not aware of. So don’t be surprised if there will be a lot of corruptors – who are very troubling
Furthermore, exam cheating is also a form of corruption. Cheating is a common thing done by students. Indeed cheating can give us a high value, but it will reduce us ourselves, by cheating we certainly cannot get that knowledge purely. If this is often done, the cheating action is carried out when an adult student. As an adult, he has a position in the government, in politics, and in a BUMN (state-owned enterprise). Finally, the person concerned likes to hang out, cheat or outsmart the budget to look for additional income.

Arti
Korupsi biasanya terjadi karena beberapa individu bersedia menggunakan cara terlarang untuk memaksimalkan keuntungan pribadi atau perusahaan. Bagaimana korupsi terjadi? Apakah korupsi terjadi secara perlahan, atau sekaligus?
Ketika kita mendengar kata korupsi, kita langsung memikirkan masalah politik. Tetapi pernahkah Anda berpikir bahwa sebenarnya orang sudah sering mempraktikkan budaya korupsi sejak usia dini. Misalnya, kita tahu istilah “jam karet” yang selalu tidak tepat waktu untuk membuat janji. Ini adalah contoh korupsi kecil yang tidak kita sadari. Jadi jangan heran jika akan ada banyak koruptor – yang sangat meresahkan
Selain itu, kecurangan ujian juga merupakan bentuk korupsi. Menyontek adalah hal yang biasa dilakukan oleh siswa. Memang menipu bisa memberi kita nilai tinggi, tetapi itu akan mengurangi kita sendiri, dengan menipu kita tentu tidak bisa mendapatkan pengetahuan itu murni. Jika ini sering dilakukan, tindakan curang dilakukan ketika seorang siswa dewasa. Sebagai orang dewasa, ia memiliki posisi dalam pemerintahan, politik, dan BUMN. Akhirnya, orang yang bersangkutan suka hang out, menipu atau mengakali anggaran untuk mencari penghasilan tambahan.

Contoh Explanation Text about Social Phenomena 3: How Juvenile Delinquency Happens
Teeneger is a transitional term for a child who is aged 10-21 years. At this stage, teens begin to look for identity. We have often heard the term juvenile delinquency in various forms. There are teenagers who like to brawl on the streets, get drunk, abuse drugs, and so on. How does juvenile delinquency happen?
When you go home early in the morning due to teenagers playing online games, then in the old days, going home early in the morning because they gather somewhere while having a drink or going around using a motorbike to get out of town. There were some of them who had motorcycle accidents in the middle of the night while doing this motorbike racing activity.
Fighting between students has also been around since my teenage days, the trigger is sometimes just a trivial problem, it can only be because of a woman or it can start from a joke that offends one of the students. In the name of solidarity and friendship they compactly clashed in defense of their respective friends. The sanction was only a one-week suspension, and it did not deter.
Delinquency and violence committed by children and adolescents are rooted in related social problems. Among them are violence against children and neglect carried out by parents, the emergence of sexual behavior from an early age, domestic violence, the participation of children in deviant gangs, and low levels of education.

Arti
Remaja merupakan istilah transisi seorang anak yang sudah mulai berusia 10 – 21 tahun. Pada tahap ini, remaja mulai mencari jati diri. Kita sudah sering mendengar istilah kenakalan remaja dalam berbagai bentuknya. Ada remaja yang suka tawuran di jalanan, mabuk, menyalahgunakan narkoba, dan sebagainya. How does juvenile delinquency happen?
Bila saat ini pulang pagi disebabkan remaja bermain game online , maka jaman dulu, pulang pagi karena mereka kumpul di suatu tempat sambil minum-minum atau keliling menggunakan motor hingga keluar kota. Ada beberapa dari mereka yang mengalami kecelakaan motor di tengah malam saat tengah melakukan kegiatan kebut-kebutan motor ini.
Tawuran antarpelajar juga sudah ada sejak jaman saya remaja dulu, pemicunya kadang hanya masalah sepele, bisa hanya karena seorang wanita atau bisa berawal dari candaan yang menyinggung salah satu siswa. Mengatasnamakan solidaritas dan pertemanan mereka kompak berseteru membela temannya masing-masing. Sanksinya saat itu hanyalah skorsing selama satu minggu, dan itu tidak membuat jera.
Kenakalan dan kekerasan yang dilakukan oleh anak dan remaja berakar dari masalah-masalah sosial yang berkaitan. Diantaranya adalah kekerasan pada anak dan pengabaian yang dilakukan oleh orangtua, munculnya perilaku seksual sejak usia dini, kekerasan rumah tangga, keikutsertaan anak dalam geng yang menyimpang, serta tingkat pendidikan yang rendah.

Contoh Explanation Text about Social Phenomena 4: How Sel Confindence Formed
A sense of self-confidence will make someone easy to adjust to the new environment, have a strong grip on life and be able to contribute their potential. He is also capable of learning and working hard to achieve progress and full of confidence in the role he lives. How does self confidence form?
When childhood self-confidence is formed by the attitude of acceptance, appreciation, and affection and family. But this htil doesn’t stop there, because children experience adolescence and adulthood. At each of these times, the environment and problems faced also change and contribute to the development of one’s personality.
The process of forming self-confidence begins with an understanding of the strengths and weaknesses that are owned to be able to generate positive reactions, and use all the advantages that exist in the individual to create self-confidence, because self-confidence is the source of our own strength to can get along with the social environment. People who have confidence will act decisively and have an optimistic attitude, life motivation is more meaningful and has high self-esteem.

Arti
Rasa percayaan diri akan membuat seseorang mudah menyesuaikan dengan lingkungan baru, memiliki pegangan hidup yang kuat dan mampu menyumbangkan potensinya. la juga mampu belajar dan bekerja keras untuk mencapai kemajuan dan penuh keyakinan terhadap peran yang dijalaninya. How does self confidence formed?
Ketika masa kanak-kanak rasa percaya diri terbentuk dengan adanya sikap penerimaan, penghargaan, dan kasih sayang dan keluarga. Namun htil ini dak berhenti disitu saja, karena anak anak mengalami masa remaja dan masa dewasa. Pada setiap masa ini, lingkungan dan masalah yang dihadapi juga berubah dan memberi andil bagi perkembangan kepribadian seseorang.
Proses terbentuknya rasa percaya diri berawal dari pemahaman terhadap kelebihan-kelebihan serta kelemahan-kelemahan yang dimiliki untuk dapat menimbulkan reaksi yang positif, dan mengunakan segala kelebihan yang ada dalam diri individu agar menimbulkan rasa percaya diri, karena rasa percaya diri merupakan sumber kekuatan diri kita untuk dapat bergaul dengan lingkungan sosial. Orang yang memiliki rasa percaya diri akan bertindak dengan tegas dan memiliki sikap yang optimis, motivasi hidup lebih bermakna dan memiliki harga diri yang tinggi.

Contoh Explanation Text about Social Phenomena 5: How Discipline is Achieved
Discipline is a condition that is formed from a process and a series of behaviors that show the value of obedience, obedience, and order. How is discipline achieved?
School becomes an important place in shaping discipline. Discipline students can grow and develop if the school climate shows discipline. New students will soon adjust to the situation at school. If the school situation is disciplined, students will take discipline. Teachers and principals play an important role in shaping school discipline from designing, implementing and maintaining it.
Self-awareness as a self-understanding that discipline is considered important for self-worth and success. In addition, self-awareness is a very strong motive for the realization of discipline. Retribution and obedience as a step in applying and practicing the rules governing individual behavior. Educational tools to influence, change, foster and shape behavior that is in accordance with the values specified or taught. Punishment is an effort to raise awareness, correct and correct the wrong so that people return to behavior that is in line with expectations

Arti
Disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Bagaimana kedisiplinan ini bisa diraih?
Sekolah menjadi tempat yang penting dalam membentuk kedisiplinan. Kedisiplinan siswa dapat tumbuh dan berkembangkan jika iklim sekolah menunjukan kedisiplinan. Siswa baru akan segera menyesuaikan diri dengan situasi di sekolah. Jika situasi sekolah disiplin, siswa akan ikut disiplin. Guru dan kepala sekolah memegang peranan penting dalam membentuk disiplin sekolah mulai dari merancang, melaksanakan dan menjaganya.
Kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin dianggap penting bagi kebaikan dan keberhasilan diri. Selain itu kesadaran diri menjadi motif sangat kuat terwujudnya disiplin. Pengikutan dan ketaatan sebagai langkah penerapan dan praktik atas peraturan-peraturan yang mengatur prilaku individu. Alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina dan membentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang di tentikan atau di ajarkan. Hukuman sebagai upaya penyadaran, mengoreksi dan meluruskan  yang salah sehingga orang kembali  pada perilaku yang sesuai dengan harapan.

Begitulah contoh explanation text about social phenomena sebagai pelengkap dari contoh teks explanation tentang natural phenomena bahasa Inggris yang cukup comprehensive. Happy learning English!

Belum ada Komentar untuk "Contoh Explanation Text about Social Phenomena Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel