Game Permainan Bahasa Inggris 'What Should I Do?'

Permainan / Game Bahasa Inggris 'What Should I Do?' ini adalah salah satu cara sederhana yang bisa guru luangkan ketika keadaan kelas (khususnya tingkat SMA) mulai membosankan karena pelajaran bahasa Inggris yang konon 'memang' membosankan.

Permainan ini memang sangat simple tapi bukan berarti siswa tidak akan merasa 'fun' / senang, tapi permainan ini bisa membuat siswa fresh kembali belajar bahasa Inggris.

Cara Bermain





Guru memulai dengan memberikan sebuah 'pernyataan' (ingat pernyataan, bukan pertanyaan) tentunya menggunakan bahasa Inggris. Lalu dari pernyataan tersebut, guru memberikan 'pertanyaan' berupa 'what should I do?' kepada salah satu siswa.

Setelah siswa itu menjawab, kemudian siswa tersebut membuat pernyataan lain yang tidak boleh sama dengan pernyataan sang guru, kemudian si siswa tersebut memberikan 'pertanyaan' what should I do?' kepada siswa lainnya.

Proses ini berlangsung berputar terus sehingga setiap siswa mampu memberikan pernyataan sekaligus pertanyaan kepada siswa yang lainnya.

Contoh :

Guru : I have a problem, I don't have money to buy a laptop. What should I do?
Siswa 1 : You should borrow money to your friend, sir. I can't speak English very well, What should I do?

Siswa 2 : You have to memorize some vocabularies then you should practice it with your friends everyday. I want to be a singer like Adele, what should I do?

Siswa 3 : You should take a vocal course in a famous course. I can't listen to English song very well, what should I do?

Siswa 4 : You have to / you should bla bla bla bla. . . . . . What should I do?

Dan seterusnya....

 ini adalah salah satu cara sederhana yang bisa guru luangkan ketika keadaan kelas  Game Permainan Bahasa Inggris 'What Should I Do?'


Peraturan

Tidak ada peraturan yang baku dalam permainan ini. Guru / dosen mempunyai hak mengatur bagaimana permainan ini bisa dipraktekkan dengan baik oleh siswa. Intinya bagaimana caranya guru mengkondisikan siswa agar permainan ini tetap berjalan meskipun ada siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan 'what should I do?' yang diberikan kepadanya dari siswa lainnya.

Saya kira, tulisan ini sudah lebih dari cukup untuk dipahami bersama. Semoga saja dengan adanya game bahasa Inggris What should I do? di atas, bisa membuat suasana belajar Bahasa Inggris semakin menyenangkan dan tak lagi menegangkan.

Belum ada Komentar untuk "Game Permainan Bahasa Inggris 'What Should I Do?'"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel