Kumpulan Contoh Conditional Sentence Type 1, 2 dan 3 dalam Bahasa Inggris

Kumpulan Contoh Conditional Sentence Type 1, 2 dan 3 dalam Bahasa Inggris

English Admin – Ada 3 type kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris. Inilah contoh conditional sentence type 1, 2, dan 3 komplit dengan rumus dan artinya. Ketiga type kalimat pengandaian tersebut memiliki pemakaian yang berbeda. Untuk itu melanjutkan belajar grammar bahasa Inggris kali ini, kita memberikan kumpulan contoh kalimat conditional sentence bahasa Inggris. Sudah tahukan bagaimana cara membuatnya? Conditional sentences adalah kalimat pengandaian. Kita sering berfikir atau mengangan-angankan sesuatu, seandainya, seumpama, andai saja, dll

Bagimana pemakaian ketiga kalimat IF ini? Secara singkat conditional sentence type 1 digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. Conditional sentence type 2 dipakai untuk menyatakan suatu pengandaian akankebaliakan dari kenyataan yang ada saat berbicara. Yang terakhir conditional sentence type 3 digunakan untuk menyatakn suatu penyesalan.

Cara membuat kalimat pengandaian seperti itu juga gampang alias mudah. Kata mudah atau gampang itulah hal pertama yang harus kita tanamkan dalam kepala kita biar proses belajar kita tidak terbebani.

Contoh Conditional Sentence Type I

contoh conditional sentence type 1

Penggunaan kalimat conditional sentence type 1 dalam sebuah frase ilmiah bahasa Inggris

Kalimat pengandaian bahasa Inggris type 1 ini paling sering dipakai untuk menyatakan suatu rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang. Rumusnya adalah:

If + Simple Present Tense, Simple Present tense / Present Future Tense

Dari rumus conditional sentence type 1 diatas, kita bisa mengidentifikasi contoh-contoh kalimatnya sebagai berikut:
If you heat water, it boils. = Jika Anda merebus air, air itu akan mendidih.
If you put salt and vinegar on chips, they taste nicer. = Jika Anda menempatkan garam dan cuka keripik, rasanya akan lebih enak.
If you need assistance, press here. = Jika Anda memerlukan bantuan, tekan di sini.
If you don’t come on time, you miss such a lot. = Jika Anda tidak datang tepat waktu, Anda kehilangan begitu banyak hal.
If you feel tired, it’s a good idea to go to bed. = Jika Anda merasa lelah, sebaiknya pergi tidur.
If it rains, it’s good for the garden. = Jika turun hujan, akan jadi baik untuk tanaman.
If I eat too many sweets, I put on weight. = Jika saya makan permen terlalu banyak, sama dengan saya akan menambah berat badan.
If I get up too early, I feel tired all day. = Jika say bangun terlalu pagi, saya merasa akan merasa lelah sepanjang hari.
If I have toothache, I go to the dentist’s. = Jika saya mengalami sakit gigi, saya akan pergi ke dokter gigi.

If I feel ill, I make an appointment with my GP. = Jika saya merasa sakit, saya akan membuat janji dengan GP saya.
If I read without my glasses on, I strain my eyes. = Jika saya membaca tanpa kacamata, mata saya menjadi galur.
If the number 54 is late, the next bus is the 56. = Jika nomor 54 sudah berakhir, bus berikutnya adalah nomor 56.
If school finishes early, I usually go to my friend’s house. = Jika sekolah selesai lebih awal, saya biasanya pergi ke rumah teman.
If the post comes on time, I look at it before I go to work. = Jika pak pos datang tepat waktu, saya akan melihatnya sebelum pergi bekerja.
If you spill coffee on my laptop, it doesn’t agree with it! = Jika Anda menumpahkan kopi di laptop saya, itu berakibat tidak baik dengan laptop saya!
Soap dissolves If you leave it in water.
= Sabun akan larut jika Anda meninggalkannya di air.
Plants die If you don’t water them.
= Tanaman akan mati jika Anda tidak menyiramnya.
Milk goes off If you don’t keep it in a cool place.
= Susu akan menyusut jika Anda tidak menyimpannya di tempat yang dingin.
Ask the teacher If you don’t understand.
= Bertanyalah kepada guru jika Anda tidak mengerti.

I don’t mind If you want to use the car. = Saya tidak keberatan jika Anda ingin menggunakan mobil itu.
Children get upset If they’re being bullied. = Anak-anak menjadi marah jika mereka dibuli.
Stamps are interesting If you enjoy collecting things. = Perangko bisa menyenangkan jika Anda menikmati koleksi barang barang.
It can be hard to access the web If you don’t have a PC at home. = Akan sulit untuk mengakses web jika Anda tidak memiliki PC di rumah.
The heater comes on If you press this switch.
= Pemanas menyala jika Anda tekan switch ini.
Pasta tastes awful If you let it boil for too long.
= Pasta terasa tidak eank jika Anda membiarkannya mendidih terlalu lama.
I can go early on Fridays If I ask my manager’s permission.
= Saya bisa pergi lebih awal pada hari Jumat jika saya meminta izin manajer.
I usually like listening to the radio If Julie has it on.
= Saya biasanya suka mendengarkan radio jika Julie membawa radio itu.
My mind goes blank If you put me on the spot.
= Pikiran saya jadi kosong jika Anda menempatkan saya di tempat seperti itu.
The car runs like a dream If you service it regularly.
= Mobil berjalan halus jika Anda memperbaiki secara teratur.

Dogs really like it If you walk them regularly. = Anjing benar-benar suka jika Anda mengajaknya berjalan-jalan secara teratur.
If Caroline and Sue prepare the salad, Phil will decorate the house. = Jika Caroline dan Sue menyiapkan saladnya, Phil akan menghiasi rumah itu.
If Sue cuts the onions for the salad, Caroline will peel the mushrooms. = Jika Sue memotong bawang untuk saladnya, Caroline akan mengupas jamurnya.
Jane will hoover the sitting room If Aaron and Tim move the furniture. = Jane akan pindah dari tempat duduk itu jika Aaron dan Tim memindahkan perabotannya.
If Bob tidies up the kitchen, Anita will clean the toilet.
= Jika Bob merapikan dapur, Anita akan membersihkan toiletnya.
Elaine will buy the drinks If somebody helps her carry the bottles.
= Elaine akan membeli minuman jika ada yang membantunya membawa botolnya.
If Alan and Rebecca organise the food, Mary and Conor will make the sandwiches.
= Jika Alan dan Rebecca mengatur makanannya, Mary dan Conor akan membuat sandwich.
If Bob looks after the barbecue, Sue will let the guests in.
= Jika Bob mengawasi barbekyu itu, Sue akan membiarkan para tamu masuk.
Frank will play the DJ If the others bring along their CDs.
= Frank akan memainkan DJ jika yang lain membawa CD nya.
Alan will mix the drinks If Jane gives him some of her cocktail recipes.
= Alan akan mencampur minumannya jika Jane memberinya beberapa resep koktail.
If they all do their best, the party will be great.
= Jika mereka semua melakukan hal yang terbaik, pesta akan menjadi besar.
Lihat halaman berikutnya untuk melihat contoh-contoh kalimat conditional sentence type 2 dan type 3

Contoh Conditional Sentence Type II
Conditional sentences type II ini adalah antithesis dari keyataan ketika berbicara. Jika saat berbicara itu panas, maka kalimat pengandaiannya adalah ingin hari itu dingin. JIka kenyataanya saat itu tidak memiliki mobil, maka kalimat pengandainnya adalah ingin memiliki sebuah mobil. JIka kenyataanya saat itu adalah tidak cantik dan bekulit kusam, maka kalimat pengandainnya adalah bagaimana bisa menjadi cantik dan memiliki kulit yang cerah. Intinya adalah ingin membicarakan hal yang sebaliknya dengan kenyataan saat berbicara. Secara sederhana makan tyoe 2 ini lebih cocok sebagai kalimat dan ungkapan imaginasi.

contoh quote memakai kalimat conditional sentence type 2

Penggunaan kalimat conditional sentence type 2 dalam sebuah quotes kata bijak bahasa Inggris

Kalimat pengandaian bahasa Inggris type 2 digunakan untuk menyatakn angan-angan dan pengandaian. Dalam banyak pelajaran tema speaking English, types 2 ini sering digunakan untuk ungkapan suggestion and advice. Rumusnya adalah:

If + Simple Past Tense, Past Future Tense

Dari rumus conditional sentence tyoe 2 diatas kita bisa mempunyai conto-contoh kalimatnya sebagi berikut:
If I were you, I’d get my hair cut. = Jika saya jadi kamu, saya akan memotong rambut saya.
If I had the time, I’d take up golf. = Jika saya punya waktu, saya akan berlatih golf.
If I saw you more often, we could get to know each other better. = Jika saya melihat Anda lebih sering, kita bisa saling mengenal lebih baik.
If I lost my wallet, I’d report it at the police station. = Jika saya kehilangan dompet, saya akan melaporkannya ke kantor polisi.
If I met Michael Jordan, I’d ask him for his autograph. = Jika saya bertemu Michael Jordan, saya akan meminta dia untuk tanda tangan.
If I won the grand prize, I’d buy a house for my brother. = Jika saya menang undian, say akan membeli sebuah rumah untuk adik.
If I wasn’t so lazy, I’d start my own business. = Jika saya tidak begitu malas, saya sudah memulai bisnis saya sendiri.
If my friend were here, you could meet him. = Jika teman saya di sini, Anda bisa menemuinya.

If I drank too much, I’d be sure to make a fool of myself. = Jika saya minum terlalu banyak, saya bisa mempermalukan diriku sendiri.
If I studied more often, I might get better grades. = Jika saya belajar lebih sering, saya bisa mendapatkan nilai yang lebih baik.
If I woke up at nine am, I’d be late for work. = Jika saya bangun pukul sembilan pagi, saya akan terlambat untuk bekerja.
If I entered the competition, I wouldn’t do very well. = Jika saya memasuki kompetisi, saya tidak akan melakukannya dengan sangat baik.
If I played football for England, they wouldn’t keep losing! = Jika saya bermain sepak bola untuk Inggris, mereka tidak akan terus kalah!
If I saw my children smoking, I’d be really angry with them.
= Jika saya melihat anak-anak saya yang merokok, saya akan benar-benar marah.
If I came to class early, I could finish my homework.
= Jika saya datang ke kelas lebih awal, saya bisa menyelesaikan pekerjaan saya.
If I bought a video recorder, I wouldn’t miss my favourite soap.
= Jika saya membeli perekam video, saya tidak akan melewatkan opera favorit saya.
If I wore that red dress, they would all notice me.
= Jika saya mengenakan baju merah itu, mereka yang akan semua memperhatiakn saya.

If I left it up to you, we wouldn’t get anything done. = Jika saya menyerahkan seperti keinginan Anda, kami tidak akan mendapatkan apa-apa.
If I had a word-processing package, I could type up my reports. = Jika saya punya paket software pengolah kata, saya bisa mengetik laporan saya.
If I were twenty years’ younger, I’d marry her! = Jika saya dua puluh tahun lebih muda, saya akan menikah dengannya!
If I needed help, I would ask you.
= Jika saya perlu bantuan, saya akan meminta Anda.
If I moved to Canada, I could get a good job out there.
= Jika saya pindah ke Kanada, saya bisa mendapatkan pekerjaan yang baik di luar sana.
If we took part in the quiz, we might win it.
= Jika kita ikut dalam kuis, kita mungkin menang.
If we saw that film, you wouldn’t enjoy it.
= Jika kita melihat film itu, Anda tidak akan menikmatinya.
If the computer crashed, you’d lose all your unsaved work.
= Jika komputer error, Anda akan kehilangan semua pekerjaan yang belum disimpan.
If our boat got lost, we’d have to call for help.
= Jika perahu kamitersesat, kami akan untuk meminta bantuan.
If I told her that I’m a vegetarian, she’d be surprised.
= Jika saya mengatakan kepadanya bahwa saya  seorang vegetarian, dia akan terkejut.
If my washing machine broke, I’d get it mended.
= Jika mesin cuci saya rusak, saya akan minta diperbaiki.
If I had a heart attack, I might die.
= Jika saya terkena serangan jantung, saya mungkin mati.
If I were Prime Minister, I’d privatise the NHS.
= Jiaka saya seorang Perdana Menteri, saya akan mem-privatisasikan NHS.
Lihat halaman berikutnya untuk belajar kalimat conditional sentence type 3

Contoh Conditional Sentence Type III

contoh conditional sentence type 3

Pemakaian conditional sentence type 3 dalam sebauh percakapan sehari hari

Sekali lagi kalimat pengandaian bahasa Inggris type 3 ini digunakan untuk mengungkapkan suatu penyesalan, yaitu mengharap kejadian di waktu lampau terjadi yang sebaliknya.Rumusnya adalah:

If + Past Perfect Tense, Past Future Perfect Tense

Rumus conditional sentence type 3 diatas bisa dipakai dalam contoh kalimat berikut:
If you’d eaten your dinner, you wouldn’t have been hungry. = Jika Anda telah makan, Anda tidak akan pernah lapar.
If I’d married Harry, we would have been happy. = Jika telah menikah Harry, kita akan menjadi bahagia.
If I’d sold my car to you, you’d have got a bargain. = Jika saya telah menjual mobil saya kepada Anda, Anda akan mendapat bargain.
If you’d attended every lesson, you’d have passed that exam easily. = Jika Anda telah menghadiri setiap pelajaran, Anda akan melewati ujian itu mudah.
If it’d been sunny yesterday, we would’ve gone to the beach. = Jika telah cerah hari, kita akan pergi ke pantai.
If I’d told you about Chantal, you wouldn’t have believed me. = Jika saya telah katakan tentang Chantal, Anda tidak akan percaya saya.
If we’d read the map properly, we wouldn’t have got lost. = Jika kita akan membaca peta dengan benar, kami tidak mendapat hilang.
If you’d asked her, she could’ve come as well. = Jika Anda telah bertanya kepada dia, dia bisa datang juga.
If I’d won the lottery, I wouldn’t be shopping in charity shops! = Jika aku telah memenangkan lotre, saya tidak akan berbelanja di toko-toko amal!

If you’d eaten all of your main course, you could’ve had some dessert. = Jika Anda telah dimakan tentu utama Anda, Anda bisa memiliki beberapa makanan penutup.
If I’d had the chance, I would have gone to university. = Jika saya punya kesempatan, saya akan pergi ke Universitas.
If I’d had your phone number, I could’ve called you. = Jika aku punya nomor telepon Anda, saya bisa disebut Anda.
If I’d asked the doctor, she would’ve advised me on what to do. = Jika saya telah meminta dokter, ia akan telah menyarankan saya pada apa yang harus dilakukan.
If I’d lent you my lawnmower, you would have broken it. = Jika saya telah dipinjamkan lawnmower saya, Anda akan melanggar itu.
If I’d watched that programme, I would’ve been bored stiff. = Jika saya telah menonton program tersebut, saya pasti sudah bosan kaku.
If I’d had the salmon, I might have got food poisoning. = Jika saya punya salmon, aku mungkin telah mendapat keracunan makanan.
If I’d gone to the interview, I might have got the job. = Jika aku pergi ke wawancara, saya mungkin telah mendapat pekerjaan.
If they’d scored another goal, they would’ve won. = Jika mereka telah mencetak gol lain, mereka akan telah memenangkan.

If I’d found some money, I would’ve handed it in. = Jika saya akan menemukan uang, aku akan telah menyerahkan itu.
If I’d taken a taxi, I would have been there by now. = Jika saya telah mengambil taksi, saya akan berada di sana sekarang.
If I’d thrown away your magazine, you would’ve been annoyed. = Jika saya telah membuang majalah Anda, Anda pasti sudah kesal.
If I’d gone on the trip to London, I would’ve visited Hyde Park. = Jika aku pergi pada perjalanan ke London, aku akan mengunjungi Hyde Park.
If I’d eaten your chocolates, I would’ve felt a bit guilty. = Jika saya harus makan cokelat Anda, aku akan merasa sedikit bersalah.
If I’d known it was your birthday, I would’ve got you a present. = Jika aku tahu itu adalah ulang tahun Anda, aku akan punya Anda sekarang.
If we didn’t remember which room it was, we could’ve asked Stephen. = Jika kita tidak ingat ruang itu, kami bisa minta Stephen.
If the train had been late, we would’ve missed our appointment. = Jika kereta telah akhir, kita akan telah melewatkan janji kita.
If I’d had the courage, I would’ve confronted her. = Jika saya punya keberanian, saya akan sudah dihadapkan padanya.
If I’d opened the shop on Sundays, I would’ve compromised my beliefs. = Jika saya telah membuka toko pada hari Minggu, aku akan telah dikompromikan keyakinan saya.
If you’d been here earlier, you could have had a free drink. = Jika Anda telah di sini sebelumnya, Anda dapat memiliki minuman gratis.
If my shirt had been dry, I could have put it on. = Jika bajuku telah kering, aku bisa memasukkannya.

Itulah contoh conditional setence type 1, 2, dan 3 lengkap dengan artinya. Harapannya dengan semaking banyak membaca conto kalimat bahasa Inggris seperti ini, kita makin mengerti apa dan bagaiamana struktur kalimat conditional sentence itu. Happy learning English Online.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Contoh Conditional Sentence Type 1, 2 dan 3 dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel