Contoh Explanation Text: Following Traffic Policeman

Contoh Explanation Text: Following Traffic Policeman

Inilah contoh explanation text paling pendek dalam bahasa Inggris. Meski begitu teks penjelasan ini masih bisa dianalisa susunan generic structurenya. Makanya dengan mudah diidentifikasi sebagi teks explanation singkat.

Contoh explanation text singkat ini mengenai penjelasan cara bagaimana mengikuti petunjuk polisi lalu lintas yang sedang betugas mengatur jalur lalulintas di jalan raya. Karena ini adalah penjelasan maka sebenarnya wacana bahasa Inggris ini juga sangat mirip dengan pengertian procedure text dalam bahasa Inggris.

Meski sangat mirip dengan teks procedure, akan tetapi teks explanation singkat ini tetap berbeda alias tidak sama. Perbedaan yang paling menyolok adalah peenggunaan kalimat-kalimat affirmatif sedangkan teks procedure biasanya memakai kalimat imperative.

Contoh Explanation Text Singkat tentang Traffic Policeman Beserta Generic Structure

Berikut ini ada 2 hal utama ketika belajar jenis teks, yaitu contoh dan analisa generic structure teks explanation dalam bahasa Inggris.

How to Follow Traffic Policeman

contoh explanation text singkat

Penjelasan bagaimana cara mengikuti petunjuk polisi lalu lintas – contoh explanation text singkat

When you are riding your bicycle in the street and you came to a corner, you must watch the traffic policeman carefully. He will tell you what you can and cannot do.
When he is holding up his right arm, all traffic must stop. When he is holding his right arm out to his side, the traffic which is coming from in front of him must stop. When he is raising his arm up and letting it down again, the traffic from his right side may continue again. When he is holding his hand toward you, you must stop.
In these and other ways, the traffic policeman help the traffic to move quickly.
Taken from Students Book I, page 67

Catatan Generic Structure pada Bacaan How to Follow Traffic Policeman

Seperti disampaikan diatas, bahwa contoh explanation singkat ini meski mirip tetapi tetap tidak sama dengan procedure text. Untuk mengujinya, maka perlu melihat analisa generic structure nya.
1. General statement: Pernytaan tentang suatu kejadian bagaiman prosesnya, natural, sosial, atau hand made product.
you must watch the traffic policeman carefully. He will tell you what you can and cannot do.
2. Sequenced explanation: Serangkaian penjelasan fase, demi fase, tahap demi tahpa atau penjelasan bagaimana proses itu dilakukan.
Holding up right arm, all traffic must stop.
Holding right arm out to his side, the traffic which is coming from in front of him must stop.
Raising arm up and letting it down again, the traffic from his right side may continue again.
Holding his hand toward you, you must stop.

Agar lebih memudahkan memahami apa pengertian dan contoh teks explanation dalam bahasa Inggris itu, bisa membaca artikel berikut

Demikian belajar bahasa Inggris contoh explanation singkat tentang cara mengikuti petujuk polisi lalulintas dalam mengatur kendaraan di jalan raya. Semoga menambah wawasan dan tetap semangat belajar teks bahasa Inggris Online.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Explanation Text: Following Traffic Policeman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel